Belajar Membangun Model dan Strategi Bisnis UMKM Bagi Spesialis Pengembangan Bisnis

Pebisnis sukses adalah impian semua orang. Tak hanya sekedar memiliki bisnis, tentu  kita ingin bisnis tersebut menjadi besar. Impian tersebut tak salah, namun sukses bukan hal mudah dan instan. Butuh proses hingga sampai pada kesuksesan. Diperlukan model dan strategi bisnis yang tepat dalam membangun bisnis agar bisnis mampu tumbuh dan berkembang. Pada pelatihan ini akan dibimbing bagaimana cara menentukan model dan strategi bisnis yang tepat.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Umum

Peserta mampu menguasai cara untuk membangun model dan strategi bisnis yang benar dengan memperhatikan aspek dasar bisnis, menentukan ide dan peluang usaha, menentukan model bisnis, menentukan produk dari bisnis yang akan dijalankan, strategi memasarkan produk, strategi promosi produk, pengelolaan keuangan dalam bisnis UMKM, bisnis Model Canvas dengan menunjukkan 70 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus

Setelah mengikuti pelatihan peserta mampu;

  • Menguasai konsep dasar bisnis
  • Menemukan ide dan peluang usaha, serta menerapkan kriteria ide bisnis yang baik
  • Menentukan model bisnis sesuai dengan langkah-langkah yang tepat
  • Menentukan produk mengikuti langkah-langkah yang sesuai untuk bisnis yang akan dijalankan
  • Memasarkan produk dengan menggunakan strategi menjawab tantangan bisnis modern, analisis model bisnis, dan analisis kompetitor
  • Mempromosikan produk dengan menentukan metode dan media promosi
  • Mengelola keuangan dengan menyusun lap. Keuangan sederhana dan menggunakan platform akuntansi online dalam menyusun pembukuan
  • Mampu menggunakan business model canvas

Lokasi Pelatihan

Jalan A.P. Pettarani Nomor 7, Ruko Bisnis Center (Samping Ramayana), Jade 8, Kel Masale, Kec Panakkukang, Kota Makassar, Prov. Sulawesi Selatan: 90231

Harga

RP3.500.000

Pengajar

Sukmacita Slamet

Durasi

15 jam

Bahasa

Indonesia

Jenis Pelatihan

Offline

Tesedia di:

Sudah Memiliki Vocher ?

Kurikulum

  1. Potensi strategis UMKM dalam menunjang perekonomian nasional
  2. Mengapa harus berbisnis
    • Bisnis sebagai kunci kesuksesan
    • Manfaat dan tujuan dari Bisnis
    • Mengorganisasikan aktivitas bisnis (business Function)
  3. Fungsi Pemasaran
  4. Fungsi operasi
  5. Fungsi Keuangan
  6. Fungsi Sumber Daya Manusia
  7. Entrepreneur
    • Who is entrepreneur ?
    • Karakteristik Entrepreneur
    • Ruang inovasi
    • Mengenal Analisis SWOT
  1. Sumber Ide bisnis
  2. Cara menemukan ide dan peluang bisnis
  3. Merubah hambatan dan tantangan menjadi peluang usaha
  4. Kriteria ide bisnis yang baik
  5. Membuat perencanaan bisnis

Langkah awal membangun model bisnis

  1. Melakukan segmentasi dan analisa pasar
  2. Menentukan target pasar
  3. Catat sumber daya bisnis
  4. Kembangkan Value Proposition
  5. Menentukan partener bisnis
  6. Buat rencana strategi untuk menarik demand
  7. Tinggalkan ruang untuk inovasi
  1. Fungsi Perencanaan Produk
    • Mengetahui produk yang sesuai kebutuhan pasar
    • mengetahui biaya yang diperlukan
    • mengetahui waktu perilisan yang tepat
  2. Langkah-langkah membuat Produk
    • Melakukan market research
    • Melakukan brainstorming
    • Membuat prototipe
    • Mereview produk
    • Produksi massal
    • Evaluasi produk
  1. Strategi menjawab tantangan bisnis modern
    • Menentukan aspek penting dalam membuat business plan
    • Membangun bisnis media online
    • Mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan marketplace
  2. Menerapkan konsep marketing mix dalam penetapan strategi pemasaran
    • Product
    • Price
    • Place
    • Promotion
    • People
    • Process
    • Physical Evidence
  1. Urgensi promosi produk
  2. Persiapan sebelum melakukan promosi
  3. Menentukan metode dan media promosi
  4. Promosi media online
  5. Merumuskan strategi promosi yang tepat dan efektif bagi bisnis modern
  1. Manfaat laporan keuangan dalam membangun bisnis
  2. Menyusun laporan keuangan sederhana
    • Laporan perhitungan laba/rugi
    • Laporan perubahan modal
    • Neraca
    • Laporan arus kas
  3. Penggunaan platform akuntansi online dalam menyusun laporan pembukuan sebagai strategi bisnis
  4. Pembayaran dan transaksi online pada bisnis UMKM
  1. Custumer segment (target pasar)
  2. Value Proposition (proposisi nilai konsumen)
  3. Channel (Saluran)
  4. Custumer relationship (hubungan konsumen)
  5. Revenue Streams (sumber pendapatan)
  6. Key activities (Kegiatan utama)
  7. Key resources (Sumber daya manusia)
  8. Key partnership (kerjasama)
  9. Cost structures (struktur biaya)

Unjuk Keterampilan / Praktek

HI, SAYA SUKMATICA SLAMET!

Saya Sukmatica,….
Karir saya berawal dari seorang praktisi yang berkecimpung dalam industri bisnis ekspedisi dan perbankan selama kurang lebih sepuluh tahun, yang mana sesuai dengan bidang keilmuan saya di Ilmu Manajemen. Di tahun 2008 PT.Pos Indonesia menjadi awal pijakan saya dalam memulai karir dan di tahun 2010 saya mutuskan untuk beralih profesi menjadi seorang Bankers pada Bank BTPN, Tbk. Banyak hal yang saya peroleh ketika berada pada kedua industri tersebut, baik dari Manajemen Bisnis, Manajemen Sumber Dayanya, Strategi-Strategi Bisnisnya, dan lain sebagainya. Kertertarikan saya akan akan manajemen membawa saya untuk melanjutkan study saya ke jenjang yang berikutnya Magister Management. Dan diakhir tahun 2017 saya memantapkan diri beralih dari seorang praktisi menjadi seorang akademisi yang konsen terhadap Bisnis UMKM (Small Enterprise). Saat ini saya merupakan dosen tetap pada salah satu lembaga perguruan tinggi swasta yang ada di kota Makkasar Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya Makassar.
Sebagai seorang Dosen tentu saja memiliki amanah dalam mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana di wajibkan untuk melakukan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Karena konsen saya adalah Small Enterprise, maka saya bersama tim aktif dalam melakukan pembinaan dan pendampingan ke desa-desa terkait peningkatan ketrampilan masyarakat agar kegiatannya dapat bernilai ekonomis. Tidak hanya aktif pada pengabdian kepada masyarakat, melakukan riset-riset terkait bidang keilmuan saya merupakan kewajiban harian saya. Mengangkat fenomena-fonomena dalam Bisnis kedalam bentuk literasi yang disertai dengan refleksi hasil penelitian empiris, yang dapat dijadikan acuan dalam menjalankan bisnis.