Melayani Tamu Hotel untuk Resepsionis Hotel – Webinar

Posisi resepsionis hotel memegang peranan krusial dalam mempresentasikan citra sebuah hotel, yang ditandai dengan keramahtamahan dan profesionalisme yang tinggi. Kemahiran seorang resepsionis memiliki dampak signifikan terhadap kepercayaan dan kepuasan tamu, serta berkontribusi pada perkembangan keseluruhan hotel. Pelatihan ini dirancang untuk membekali para peserta dengan keahlian teknis, praktis, dan karakteristik personal yang sesuai dengan standar profesionalisme resepsionis hotel.

Melalui program ini, peserta akan mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang berbagai aspek pelayanan di front office. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, penguasaan etiket dalam menjawab telepon, teknik pencatatan detail reservasi yang akurat, penyediaan layanan akomodasi resepsionis yang berkualitas, pemeliharaan catatan keuangan, serta kemampuan dalam menangani situasi konflik dengan efektif. Tentunya Pelatihan ini akan membuka peluang bagi peserta untuk tumbuh menjadi resepsionis yang tidak hanya kompeten dalam tugasnya, tetapi juga menjadi representasi keunggulan dan citra positif dari hotel tempat mereka bertugas.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Umum

Peserta pelatihan mampu melayani tamu hotel dengan menguasai tugas-tugas front office,  etiket menjawab telepon, mencatat rincian reservasi,  menyediakan layanan akomodasi reception, memelihara catatan keuangan dan menangani situasi konflik dengan menunjukkan 70 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.

Tujuan Khusus

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu;

  1. Membuat tabel klasifikasi hotel management
  2. Melakukan penyesuaian tugas, fungsi, peran seorang front office
  3. Melakukan komunikasi melalui telepon
  4. Memproses reservasi
  5. Menyediakan layanan akomodasi resepsionis & Menangani situasi konflik
  6. Memelihara catatan keuangan & klerikal

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar tidak gagal redeem voucher / masuk pelatihan

  1. Pastikan jadwal kamu benar-benar telah sesuai (Hari/Tanggal dan Jam)
  2. 1 Jam sebelum mulai pelatihan melakukan redeem voucher, kamu hanya memiliki 1 jam untuk melakukan redeem voucher
  3. Wajib mengaktifkan kamera pada saat webinar
  4. Wajib menyelesaikan pelatihan selama 5 hari (3 Jam Perhari) sesuai dengan jam yang telah ditentukan

 

Cara mengikuti pelatihan / Cara Redeem Voucher

  1. Pastikan Jadwal kamu telah sesuai (Hari/jam/tanggal)
  2. Silahkan Klik Link berikut : https://user.dandan.id/user/login 
  3. Klik tombol/teks “Silahkan klik disini” yang berwarna ungu untuk membuat akun terlebih dahulu (jika pernah mendaftar cukup dengan login saja)
  4. Lengkapi Seluruh data sesuai dengan akun kartu prakerja kamu!
  5. Buat password/kata sandi (Mohon untuk mengingat password)!
  6. Lalu Klik tombol “daftar”
  7. Setelah berhasil terdaftar silahkan login kembali dengan memasukan email dan password yang telah kamu buat
  8. Jika berhasil login ke dashboard dandan.id, silahkan klik tombol “Tambah kursus” untuk redeem voucher/penukaran kode kupon
  9. Akan muncul pilihan “Kamu Peserta apa, Online/offline? Jika online/webinar silakan klik tombol “Saya Peserta Online” lalu masukkan kode redeem dan kode kupon.  Jika kamu peserta Offline/Luring silahkan klik tombol “Saya Peserta Offline” Lalu masukkan kode voucher yang kamu dapatkan di digital platform (Tokopedia/Bukalapak/Karier.mu/Pintar)
  10. Klik tombol “Daftar”
  11. Sebelum memulai pelatihan silahkan mulai dengan mengisi pre-test terlebih dahulu, silahkan klik “Tombol Pre-Test”
  12. Jika telah selesai mengerjakan pre-test silahkan klik Tombol “Ikuti Kelas” untuk memulai pelatihan (Link Webinar terdapat di dalam kelas).
  13. Selamat Belajar

Jika kamu bingung Silahkan hubungi admin dandan.id dengan Klik Icon/ Tombol WhatsApp Bagian Pojok kanan bawah

Harga

Rp1.500.000

Pengajar

Gunawan Tiarso

Durasi

15 jam

Bahasa

Indonesia

Jenis Pelatihan

Online

Jadwal :


Juli:
05-07-2023 s.d 09-07-2023 12-07-2023 s.d 16-07-2023
26-07-2023 s.d 30-07-2023

Agustus :
02-08-2023 s.d 06-08-2023
09-08-2023 s.d 13-08-2023
23-08-2023 s.d 27-08-2023

September :
04-09-2023 s.d 08-09-2023
11-09-2023 s.d 15-09-2023
18-09-2023 s.d 22-09-2023

Tesedia di:

Sudah Memiliki Vocher ?

Kurikulum

  1. Pengertian Hotel
  2. Klasifikasi Hotel
  3. Management Hotel
    • Local Management Hotel
    • Chain Management Hotel – Franchaise Management Hotel
  4. Fasilitas Hotel
    • Fasilitas Hotel untukTamu
    • Fasilitas Hotel untuk Karyawan
  5. Hotel Department
    • Room Division
      • Front Office Department
      • Housekeeping Department
    • Food & Beverage Department
      • Product Department
      • Beverage Product & Service
    • Marketing Department
    • Human Resources Department
    • Lost & Prevention Department
    • Engineering Department
    • Accounting Department
    • Struktur Organisasi Hotel
  1. Pengertian Front Office
  2. Fungsi dan Tugas Front Office
  3. Peran Department Front Office
  4. Struktur Organisasi Department Front Office
  5. Kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi staff Front Office
    • Skill
    • Knowledge
    • Attitude
  6. Working hour
  7. Grooming
  8. Greeting
  9. Bidding farewell
  10. Do & Don’t
  1. Pengertian Telepon Operator
  2.  Ruang Lingkup Kerja
  3. Peralatan Kerja
  4. Form
  5. Aktivitas Kerja
  6. Telephone Etiquette
  7. Jenis Panggilan Telepon Masuk
  8. Cara Menjawab Telepon – Response The Caller
  9. Tips Etiket menjawab telepon
  10. Customer forms a mental PICTURE of you – Pelanggan membentuk GAMBAR mental Anda :
    • Personal Qualities For Phone Work
    • Interviewing Techniques
    • 5 Phases of a Call
    • Membuat panggilan telepon
    • Jenis panggilan telepon
    • Discourteous
    • Courteous
    • Alphabetical spelling
    • Penanganan Ancaman Bom Melalui Telephone
    • Emergency Announcement
  1. Pengertian reservasi
  2. Tugas & tanggung jawab
  3. Ruang Lingkup Kerja
  4. Peralatan Kerja
  5. Form
  6. The reservation procedure :
    • Information needed for reservation
    • Menerima permintaan reservasi
    • Mencatat rincian Reservasi
    • Memperbaharui Reservasi
    • Memberi saran orang lain tentang rincian resevasi
  7. Langkah – langkah Record Reservation dengan cara :
    • Documents needed in maintaining reservation
    • Group Reservation
    • Contoh Confirmation letter
    • Contoh Percakapan
  1. Pengertian Reception
  2. Job Description, Tugas dan Tanggung Jawab
  3. Peranan Reception
  4. Ruang Lingkup Kerja
  5. Peralatan Kerja
  6. Form
  7. Menyiapkan kedatangan tamu
  8. Menyambut dan mendaftarkan tamu
  9. Mengorganisir keberangkatan tamu
  10. Menyiapkan catatan dan laporan front office
  11. Istilah – Istilah yang wajib diketahui reception
  12. Mengidentifikasi situasi konflik
  13. Memecahkan situasi konflik
  14. Memberi tanggapan terhadap keluhan pelanggan
  15. Type Complain yang sering terjadi di Hotel
    • Keluhan Terkait Layanan
    • Keluhan Sikap
    • Keluhan Mekanis
    • Keluhan yang Tidak Biasa
    • Keluhan Terkait Kamar
    • Pengaduan Karena Makanan dan Minuman
  1. Memelihara Catatan Keuangan
    • Membuat ayat-ayat Jurnal
    • Menyesuaikan rekening
  2. Memproses Transaksi Keuangan(Reception)
    • Memperoses tanda terima dan pembayaran
    • Memindahkan keuntungan dari register /terminal
    • Mencocokkan Keuntungan
  3. Melaksanakan Prosedur Klerikal (Reception)
    • Memproses dokumen Kantor
    • Membuat draff sederhana korespondensi
    • Memelihara sistem Dokumen
  4. Melaksanakan Audit Malam (Reception)
    • Memonitor prosedur Keuangan
    • Menyelesaikan laporan keuangan

HI, SAYA GUNAWAN TIARSO!!!

Perkampungan kecil tanah kelahiran dan keluarga sederhana memotivasi perubahan keinginan belajar dan berkarier. walaupun harus berkarier di bidang yang berbeda dengan bidang pembelajaran di sekolah, tidak melunturkan semangat untuk berkarya, meniti jenjang karier di dunia hospitality dari jenjang yang paling bawah ” casual banquet waiter”, moving forward ke “Front Office Departemen” hingga di level “Hotel Manager”. Adaptasi, bersosialisasi hingga menciptakan warna di ruang lingkup kerja menguatkan untuk mengikuti perubahan. Mari belajar Hospitality raih masa depan Anda